7

Rumus Kimia Suatu Zat

Rumus kimia suatu zat adalah menyatakan jenis dan jumlah relatif atom-atom yang terdapat dalam zat itu. Angka yang menyatakan jumlah atom suatu unsur dalam rumus kimia disebut angka indeks. Rumus kimia zat dapat berupa rumus molekul atau rumus empiris. Adapun penjelasan rumus kimia yang termasuk ke dalam rumus molekul dan rumus empiris dapat disimak dalam penjelasan selanjutnya.

Rumus Molekul dan Empiris sebagai Rumus Kimia

1. Rumus Molekul

Rumus molekul adalah rumus kimia yang menyatakan jumlah atom-atom dari unsur-unsur yang menyusun satu molekul senyawa. Jadi rumus molekul menyatakan susunan sebenarnya dari molekul zat.

Contoh:

  1. Rumus molekul air yaitu H2O yang berarti dalam satu molekul air terdapat dua atom hidrogen dan satu atom oksigen.
  2. Rumus molekul glukosa C6H1 O6 yang berarti dalam satu molekul glukosa terdapat 6 atom karbon, 12 atom hidrogen, dan 6 atom oksigenrumus Rumus Kimia Suatu Zat.

 

2. Rumus Empiris

Rumus empiris adalah rumus kimia yang menyatakan perbandingan terkecil atom-atom dari unsur-unsur yang menyusun suatu senyawa. Rumus kimia senyawa ion merupakan rumus empiris.

Contoh:

  1. Natrium klorida merupakan senyawa ion yang terdiri atas ion Na+ dan ion Cl– dengan perbandingan 1 : 1. Rumus kimia natrium klorida NaCl.
  2. Kalsium klorida merupakan senyawa ion yang terdiri atas ion Ca2+ dan ion Cl– dengan perbandingan 2 : 1. Rumus kimia kalsium klorida CaCl2.

Pada kondisi kamar, sebagian unsur-unsur ada yang membentuk  molekul-molekul. Rumus kimia unsur-unsur semacam ini tidak digambarkan hanya dengan lambang unsurnya, melainkan unsur beserta jumlah atom yang membentuk molekul unsur tersebut.

Contoh:

  1. Rumus kimia gas oksigen yaitu O2, berarti rumus kimia gas oksigen terdiri atas molekul-molekul oksigen yang dibangun oleh dua atom oksigen.
  2. Rumus kimia fosfor yaitu P4, berarti rumus kimia unsur fosfor terdiri atas molekul-molekul fosfor yang tiap molekulnya dibentuk dari empat buah atom fosfor.

Semua senyawa mempunyai rumus empiris. Senyawa molekul mempunyai rumus molekul selain rumus empiris. Pada banyak senyawa, rumus molekul sama dengan rumus empirisnya. Senyawa ion hanya mempunyai rumus empiris. Jadi, semua senyawa yang mempunyai rumus molekul, pasti memiliki rumus empiris. Namun, senyawa yang memiliki rumus empiris, belum tentu mempunyai rumus molekul.

Langkah-Langkah untuk Menentukan Rumus Kimia Molekul dan Empiris

  • Perbandingan Massa Unsur
  • Perbandingan Mol
  • Perbandingan Jumlah Atom
  • Rumus Empiris
  • Rumus Molekul

 

rumus senyawa kimia,•rumus kimia senyawa,•rumus kimia zat,•rumus kimia,•rumus kimia kalsium klorida,•Rumus kimia yang tergolong atom,•contoh molekul senyawa,•contoh molekul unsur,•rumus molekul,•rumus kimia yang termasuk ION
Filed in: Kimia Dasar Tags: , ,

Recent Posts

Bookmark and Promote!

7 Responses to "Rumus Kimia Suatu Zat"

  1. mayliza says:

    hingga kini saya masih belum seberapa paham tentang cara menentukan suatu rumus kimia. Seperti bagaimana cara mengetahui suatu atom adalah atom suatu zat tertentu.. mohon penjelasannya..
    thx

  2. Agus Salim says:

    Kok sepi sekarang om, dah 2013 sepertinya belum ada artikel baru, hehe,

  3. cc says:

    Kk klo mol itu atom bukan?

  4. cc says:

    Atau atom itu partikel?

  5. toko kimia says:

    saya lebih senang mempelajari kimia daripada fisika ataupun matematika…
    kimia hanya membutuhkan rumus umum dan tidak banyak melakukan perubahan rumus turunan..
    beda dengan fisika yang harus dibuat rumus turunan untuk menemukan hasil..
    majukan ilmu sains di indonesia agar produk agrikultur tak lagi kita import..
    semangaaat

Leave a Reply

Submit Comment
*

© 2014 · Kumpulan Artikel Ilmu Kimia All rights reserved.
XML Sitemap · HTML Sitemap.